WELCOME

Kamis, 11 Juli 2013

Mengatasi Komputer Yang (MATOT) Mati Total











Mengatasi komputer yang matot (mati total) ... alias benar - benar mati dan tidak ada kehidupan sama sekali pasti suatu saat akan dialami oleh pengguna komputer tanpa terkecuali siapapun dia termasuk teknisi komputer itu sendiri.
Jalan yang paling mudah untuk menghidupkan komputer anda kembali ada beberapa cara sebelum anda membawa ke teknisi untuk memperbaikinya dan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang menurut saya kurang tepat guna kalau anda belum mencoba memperbaikinya sendiri. Hal ini bisa anda lakukan asal anda memiliki kemauan yang tinggi tanpa terkecuali meskipun anda pemula dan anda bukan merupakan anak elektro atau anak
informatika:
  1. Saran saya anda harus mengetahui bagaimana cara merakit komputer agar mengetahui fungsi per komponen dan cara pemasangan yang benar dari masing 2 komputer tersebut dan mencegah resiko / meminimalisirkan resiko2 yang tidak anda ketahui, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.
  2. Setelah anda mengetahui minimal dengan membaca dech gag usah paham benar langkah selanjutnya mulailah belajar membongkar komponen satu persatu (berani gag ...? tenang aja selama anda telah membaca cara merakit komputer pasti anda juga bisa melepas per komponen dalam CPU anda) .... untuk yang berani silahkan lanjut ke langkah selanjutnya kalau tidak tampaknya anda memerlukan bantuan teknisi dech.
  3. Lakukan analisa terlebih dahulu ... apakah kabel yang terhubung ke semua CPU - Monitor dan juga listrik stabillezer (jika memakai) benar2 sudah terhubung dengan baik ?
  4. Periksa seluruh terminal pada jack power suplay biasanya longgar atau memuai karena terlalu panas.... kalau masih dalam kondisi bagus lanjutkan ke langkah selanjutnya dibawah ini.
  5. Langkah selanjutnya, ketika komputer ditekan tombol powernya komponen apa saja sech yang hidup dalam CPU anda (minimal kipas mesti berputar dan lampu power pada monitor harus menyala), klo tidak ada yang hidup berarti sudah jelas kerusakan terjadi pada power suplay anda serta solusinya power suplay anda tersebut harus diganti.
  6. Langkah selanjutnya, membersihkan komponen dengan alkohol berkadar tinggi untuk masing2 komponen serta vacum cleaner / peyedot debu untuk socket yang terdapat pada motherboard, setelah bersih coba hidupkan kembali CPU anda, hidup gag?
  7. Bila gag hidup juga trik selanjutnya dan ini merupakan trik yang paling mudah adalah dengan melepaskan semua kabel data yang terhubung ke motherboard diantaranya adalah kabel data Hardisk dan CD/DVD Rom dan Floppydisk beserta kabel powernya, setelah itu hidupkan ... kalau ketika dihidupkan komputer anda bisa hidup (minimal tampak tampilan BIOS) berarti kerusakan yang mungki terjadi pada umumnya adalah permasalahan dikabel data anda dan solusinya ganti kabel data anda tersebut. kabel data yang bagus itu kabel data orsinilnya bawaan bungkus motherboardnya biasanya kabel data ini bermerk seperti ASUS, Gigabyte dan lain2 yang gag disebut jangan marah dan untuk harga bila anda membeli eceran maka biasanya harganya 2 x lipat dari harga yang biasa.
  8. Langkah selanjutnya bila langkah diatas tidak berhasil adalah dengan jalan melepaskan prosesor. Pada umumnya komponen yang satu ini jarang dilepas kecuali jika melakukan upgrade, hal ini yang sering menyebabkan debu banyak menempel dikaki dan socket prosesor ... bersihkan saja dengan Vacum cleaner berserta sirip pendingin dengan kipas prosesor lalu pasangkan kembali prosesor ditambah dengan cairan pengin untuk prosesor yang berbentuk seperti gel dan hidupkan komputer anda ... hidup gag?
  9. Kalau masih gag hidup juga cari motherboard yang support untuk prosesor anda anda pasangkan begitu juga sebaliknya dan kemudian hidupkan komputer anda (semua proses diatas dilakukan dengan memori minimal terpasang satu keping) ... hidup gag ? Dan jika dach sampai tahap ini pasti ada salah satu yang hidup ... gag mungkin klo engga, nach disitu kita bisa tahu yang rusak itu apa sech sebenarnya ? tinggal ganti aja yang rusakya atau service jika mau (hanya motherboard yang bisa di service sedangkan prosesor tidak)
  10. Kalau proses di nomor 9 tidak berhasil tampaknya motherboard dan prosesoranda minta diganti baru ...... tanpa terkecuali.
Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar